Jumat, 27 Juli 2012


Mata Pelajaran Aswaja dan ke-NU-an
Untuk Madrasah Aliyahh (MA) dan yang Sederajat

  1. Latar Belakang

Aswaja (Ahli Sunnah wa al-Jama’ah) dan ke-NU-an merupakan salah satu mata pelajaran muatan lokal (mulok) yang diberikan di tingkat MTs atau yang sederajat dan Aliyah atau yang sederajat di Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Aswaja dan ke-NU-an ini mengkaji seperangkat paham Aswaja dan organisasi NU (Nahdhatul Ulama) serta hubungan antara keduanya untuk dijadikan tuntunan peserta didik dalam amal ibadah dan mu’amalah.


Saat ini peserta didik di pesantren-pesantren NU menghadapi tantangan berat di bidang paham keagamaan Aswaja seiring dengan munculnya berbagai kelompok di tengan masyarakat Islam yang mengaku sebagai golongan Ahli Sunnah wa al-Jama’ah (Aswaja), seperti Majlis Mujahidin Indonesia (MMI), Front Pembela Islam (FPI), Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), Lasykar Jihad Ahlu Sunnah wa al-Jama’ah, Salafi, Jama’ah Tabligh.

Kelompok Aswaja baru tersebut sangat radikal dan suka mengkafirkan kelompok Islam lain yang tidak sepaham dengannya. Paham keagamaan kelompok ini meskipun mengaku sebagai ahli Sunnah wa al-Jama’ah namun bertolak belakang dengan paham Aswaja NU yang mengedepankan keseimbangan-keadilan, toleran dan moderat. Oleh karena itu peserta didik di lingkungan Pesantren NU harus dibekali paham keagamaan Aswaja NU agar mereka tidak mengalami kebingungan, kebimbangan dan tidak hanyut mengikuti paham keagamaan di luar NU.

Mata pelajaran mulok Aswaja dan ke-NU-an disusun secara sistematis, komprehensif, dan terpadu dalam proses pembelajaran menuju kedewasaan dan keberhasilan dalam kehidupan di masyarakat. Dengan demikian diharapkan peserta didik di lingkungan pesantren NU akan memperoleh pemahaman Aswaja dan ke-NU-an yang lebih luas dan mendalam pada bidang ilmu yang berkaitan.

  1. Tujuan

Mata pelajaran muatan local Aswaaja dan ke-NU-an bertujuan agar peserta didik mempunyai kemampuan sebagai berikut :
    1. Mengenal konsep-konsep Aswaja dan ke-NU-an , menjelaskan keterkaitan antarkonsep dan mengaplikasikan konsep Aswaja secara keseimbangan-keadilan, toleran, dan moderat;
    2. Memiliki kesadaran tentang hakekat dan pentingnya Aswaja dan ke-NU-an untuk meningkat kualitas ibadah dan muamalah dalam masyarakat;
    3. Mengembangkan pemahaman peserta didik tentang keterkaitan antara Aswaja dan ke-NU-an dengan pelestarian budaya lama yang baik dan mengambil budaya baru yang lebih baik.

  1. Ruang Lingkup
    1. Aswaja dan sejarah perkembangannya;
    2. Aswaja sebagai paham keagamaan NU;
    3. Sumber Ajaran Aswaja NU;
    4. Aqidah, syari’ah dan tasawuf Aswaja NU;
    5. Aswaja NU dan Tradisi;
    6. Aswaja NU dan Modernisasi;
    7. Aswaja NU dan Kebangsaan.

  1. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Kelas X, Semester I
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
  1. Memahami Aswaja dan sejarah perkembangannya.

1.1.  Mendeskripsikan pengertian Aswaja;
1.2.  Mendeskripsikan proses kemunculan paham keagamaan Aswaja;
1.3.  Mengidentifikasi faham keagamaan selain Aswaja.
  1. Memahami hubungan Aswaja dengan NU.
2.1.  Mendeskripsikan proses lahirnya NU;
2.2.  Menganalisis Aswaja sebagai paham keagamaan NU;
2.3.  Menjelaskan ciri-ciri Aswaja NU.

Kelas X, Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
  1. Memahami sumber ajaran Aswaja NU

3.1.  Mengidentifikasi sumber ajaran Aswaja NU;
3.2.  Menguraikan hubungan sumber ajaran Aswaja NU;
3.3.  Menjelaskan fungsi sumber ajaran Aswaja NU.
  1. Menerapkan Aswaja NU dalam shalat tarawih dan azan Jum’at
4.1.   Menjelaskan tentang shalat tarawih dan azan Jum’ah;
4.2.  Mengidentifikasi perbedaan pendapat tentang  shalat tarawih dan azan shalat Jum’ah;
4.3.  Menyakini kebenaran pendapat NU tentang shalat tarawih dan azan shalat dan Jum’ah;
4.4.  Melaksanakan shalat tarawih dan azan Jum’ah sesuai dengan pendapat NU.

Kelas XI, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
  1. Menerapkan Aswaja NU dalam zikir dan wirid
5.1.  Menjelaskan makna dan subtansi ziki dan wirid;
5.2.  Mennjelaskan media dan waktu zikir dan wirid;
5.3.  Mengidentifikasi bacaan zikir dan wirid;
5.4.  Mengidentikikasi dampak zikir dan wirid;
5.5.  Melaksanakan zikir dan wirid sesuai dengan pendapat NU.
  1. Menerapkan Aswaja NU dalam Tawassul

6.1.  Menjelaskan pengertian tawassul;
6.2.  Mengidentifikasi sarana-sarana tawassul;
6.3.  Mengidentifikasi redaksi-redaksi tawassul;
6.4.  Menjelaskan fungsi tawassul;
6.5.  Melaksanakan tawassul sesuai dengan pendapat NU.





Kelas XI, Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
  1. Menerapkan Aswaja NU yang berkaitan dengan orang yang meninggal dunia

7.1.  Menjelaskan pengertian talqin terhadap orang yang meninggal dunia;
7.2.  Menjelaskan ritual untuk orang yang meninggal dunia;
7.3.  Menjelaskan tentang ziaroh qubur;
7.4.  Melaksanakan talqin dan ritual terhadap orang yang meninggal dunia sesuai dengan pendapat NU.
  1. Melaksanakan Aswaja NU dalam ruqyah (suwuk)
8.1.  Mejelaskan makna dan subtansi ruqyah;
8.2.  Mengidentifikasi syarat-syarat sahnya ruqyah;
8.3.  Melaksanakan ruqyah sesuai dengan pendapat NU.



Kelas XII, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
  1. Melakasanakan Aswaja NU dalam bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW

9.1.  Menjelaskan makna dan subtansi shalawat;
9.2.  Mendeskripsikan fungsi shalawat;
9.3.  Mengidentifikasi redaksi shalawat;
9.4.  Melaksanakan shalawat sesuai dengan pendapat NU;


  1. Menerapkan Aswaja NU dalam bidang tasawuf

10.1.                    Menjelaskan pentingnya tasawuf untk pencerahan hati;
10.2.                    Menjelaskan pentingnya mursyid bagi murid dalam menapaki jalan tasawuf ;
10.3.                    Menjelaskan tentang wali dan karamah.
10.4.                    Melaksanakan pesan-pesan sufi yang sesuai dengan pendapat NU.
10.5.                    Mencintai orang atau tokoh yang melaksanakan tasawuf.

Kelas XII, Smester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
  1. Memahami hubungan Aswaja NU dengan Modernisasi

11.1.                    Menjelaskan pengertian modernisasi;
11.2.                    Mendeskripsikan ciri-ciri modernisisasi menurut Aswaja NU;
11.3.                    Menguraikan bidang-bidang modernisasi yang menjadi sasaran Aswaja NU.
  1. Memahami hubungan Aswaja NU dengan kebangsaan
12.1.                    Menjelaskan penegertian kebangsaan;
12.2.                    Mendeskripsikan hubungan Negara dengan agama menurut Aswaja NU;


0 komentar: